Beberapa pemimpin-pemimpin negara yang sangat patut dicontoh

1. PEMIMPIN YANG SEDERHANA DAN MERAKYAT


AHMADINEJAD (PRESIDEN IRAN)


Sikapnya yang low profile dan merakyat sangat patut dicontoh, beberapa sifatnya yang sangat mengagumkan adalah:



1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan
Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu
kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP,
lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler
untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

4. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977,
sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.
Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

5. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

6. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya.
Hanya itulah yang dimilikinyaseorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis,
belum lagi secara minyak dan pertahanan.
Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

7. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan;
roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira,
ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

8. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan,
ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya,
ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

9. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan,
dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan.
Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi,
atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

10. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar
karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.

11. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka

12. Bahkan ketika suara azan berkumandang,
ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada.





2. PEMIMPIN YANG DERMAWAN


KIM YOUNG SAM ( EX PRESIDEN KORSEL 1993-1998)

Dia sangat dermawan, dia memberikan semua kekayaannya untuk kepentingan masyarakat. Bahkan anak-anak Kim tidak akan mendapat warisan ayahnya sepeserpun "Tidak perlu memberikan harta kepada anak-anak saya, saya pikir yang terbaik adalah memberikannya kembali kepada masyarakat,” ujar Kim..
Dia mengatakan bahwa hidupnya tidak akan lama lagi, semuanya tidak akan dia bawa mati.
Salah satunya dia menjual rumahnya di pulau Geoje yang bernilai 5 miliar won atau Rp 39,5 miliar.





3. SATU LAGI PEMIMPIN YANG DERMAWAN


LEE MYUNG BAK (PRESIDEN KORSEL)

Sama dengan KIM YOUNG SAM, lee myung bak juga salah satu presiden korea yang dermawan.
Dia berjanji untuk menyumbangkan seluruh gajinya selama 5 tahun untuk amal. Gaji itu disumbangkan untuk para warga korsel yang kurang beruntung.
Kebijakan seperti itu bukan baru pertama kali dilakukan oleh Lee Myung-Bak. Dulu sewaktu menjadi Walikota Seoul antara 2002-2006, ia menyumbangkan seluruh gajinya selama 4 tahun untuk anak-anak petugas kebersihan dan petugas pemadam kebakaran. Lee memiliki simpati dan perhatian tersendiri kepada petugas kebersihan dan tukang sampah. Perjuangan mereka selalu mengingatkan pada perjuangannya sendiri. Sewaktu remaja, Lee pernah menjadi tukang sampah. “Saya telah berjanji menggunakan gaji yang saya peroleh sebagai pejabat untuk kesejahteraan publik. Menyumbangkan gaji saya sebagai presiden merupakan realisasi dari janji saya,” ujar Lee.
Sejak menggantikan Roh Moo-hyun, Lee telah mendapatkan gaji pertamanya sebagai Presiden Korsel pada 10 Maret lalu. Gaji seorang Presiden Korsel mencapai 16,5 juta won atau sekitar Rp 151 juta per bulan. Lee merupakan presiden yang kaya raya dengan total aset lebih dari 35,6 juta USD. Ia berjanji akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk penduduk miskin. Di antara yang disumbangkan termasuk sebuah rumah di Seoul. Sehak terpilih sebagai presiden, Lee mengganti perabotan mewah di istana dengan perabotan yang lebih sederhana dan fungsional.






4. PEMIMPIN YANG RELA BERKORBAN


APPAMMA KAJJALLAPPA (MANTAN RATU DI INDIA)


salah satu ratu di India yang merupakan istri ketiga dari Raja Venkateswara Ettappa, penguasa di Virudhunagar, India.

Sungguh mengharukan dan juga menyedihkan kisah hidup yang dialami oleh mantan ratu india saat ini. Sang ratu sekarang hidup miskin, bahkan Appamma Kajjallappa bersama anaknya rela hidup di sebuah gubuk dan berjuang keras untuk mendapatkan sesuap nasi. Kehidupan yang saat ini dialami oleh Ratu Appamma Kajjallappa bukan karena kejahatan ataupun kehinaan seperti layaknya para pemimpin sekarang yang terkena adzab karena korupsi tapi melainkan Appamma Kajjallappa miskin karena sangat memikirkan rakyat-rakyatnya.

Sepeninggal suaminya ternyata jiwa kepemimpinan seoarang ratu Appamma Kajjallappa tidak ikut mati, bahkan semua harta benda peninggalan suaminya telah ia sumbangkan demi kesejahteraan rakyat-rakyatnya. “Sudah saya sumbangkan ke rakyat,” kata Appama, baru-baru ini. Bahkan, istana peninggalan juga sudah berubah menjadi sebuah sekolah demi memenuhi permintaan rakyat.

Sebagai seoarang pemimpin rakyat adalah segalanya, bukan harta benda semata yang dia pikirkan. “Anggota keluarga kami sangat murah hati. Kami menyumbangkan segalanya demi kejehateraan desa. Itulah yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin,” tambah Appama. Sungguh mulia dan bijaksana apa yang dilakukan Appamma Kajjallappa.

Appama menambahkan, “Mungkin dulu saya adalah seorang ratu, tapi kini saya bukan siapa-siapa lagi. Kami sangat miskin.”

Lalu apakah rakyat tidak kembali memikirkan kondisi mantan ratu mereka yang sudah mati-matian memikirkan mereka saat kekuasaan masih dia pegang ? ternyata melihat kondisi Appamma Kajjallappa sang ratu india ini masih ada beberapa penduduk desa merasa iba dengan nasib ratu mereka. Sebenarnya, Appamma bekerja di kuil saat ada perayaan ataupun persembahan. Namun, setiap kali penduduk ingin memberikan sesuatu, Appama selalu menolak. Ia beranggapan melayani kuil suci merupakan suatu kehormatan bagi dirinya.





5. PEMIMPIN YANG MENCINTAI RAKYATNYA


SEBASTIAN PINERA (PRESIDEN CHILE)

Belum genap setahun Sebastian Pinera menjadi presiden memimpin Chile, tapi bukti kepedulian, perhatian, simpati dan komitmennya kepada rakyatnya tak terbantahkan lagi. Diawal masa kepemimpinannya sebagai kepala negara, Chile dilanda gempa hebat dan sebagai kepala negara, Sebastian Pinera menarik simpati rakyatnya dengan kesungguhannya menolong para korban gempa.
Kemudian yang sangat menyedot perhatian dunia adalah pada oktober 2010 saat 33 penambang terjebak 2 bulan didalam tanah sedalam 700 meter.
Sebastian Pinera hadir ke lokasi dan ikut membantu penyelamatan ke 33 penambang tersebut. Dia rela membatalkan berbagai perjalanan diplomatik ke luar negeri. Dia memberikan semangat dan dukungan di lokasi penambangan di san jose. Bahkan dia memeluk semua para penambang yang terjebak itu saat mereka keluar satu persatu.
"Saya adalah presiden yang bangga dengan rakyat saya," kata Presiden Chile, Sebastian Pinera. Sepanjang hari itu, ia selalu berbicara tentang kebanggaan dan rasa syukur setelah keberhasilan penyelamatan 33 penambang yang selama 69 hari terperangkap.

"Begini cara Chile menyelesaikan persoalan. Saya bangga menjadi pemimpin bangsa yang hebat," ujarnya.

Mandor Luis Urzua, 54 tahun, adalah penambang terakhir yang mencapai permukaan, dan menjadi klimaks dari sebuah misi penyelamatan yang menarik perhatian dunia. "Saya berharap hal ini tidak pernah terjadi lagi. Terima kasih pada rakyat Chile untuk penyelamatan kami. Saya bangga hidup di negeri ini."

Pinera menjawab, "Saya bangga pada Anda. Anda telah melakukan tugas anda, keluar terakhir sebagai kapten yang baik, dan selalu akan melakukan demikian."

Pinera mengatakan kepada wartawan bahwa sebagai akibat dari peristiwa tersebut, Chile menjadi negara yang "lebih dihormati".

"Orang-orang sekarang tahu lebih banyak tentang negara kecil ini adalah negara yang mampu melawan kesulitan . Untuk bersatu dengan kekuatan, iman dan harapan. "Saya sangat bangga memiliki hak istimewa dan tanggung jawab untuk menjadi presiden Chile."



sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=463234435

1 komentar:

untuk ppesiden korea mr.lee kyknya gak usah dikagumi,karena diskriminasi terhadap agama itu contoh seorang pemimpin yg tidak bijaksana.

Poskan Komentar